NEON WEB ID

Home » Panduan » Cara Membuat Website Bisnis Online Dengan WordPress
Cara Membuat Website Bisnis Online Dengan WordPress

Cara Membuat Website Bisnis Online Dengan WordPress

Website bisnis online adalah sebuah situs web yang digunakan untuk mempromosikan, menjual, atau menyediakan produk atau jasa secara online. Website bisnis online dapat membantu Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, membangun kredibilitas, dan meningkatkan omset. Website bisnis online juga dapat menjadi media komunikasi dan interaksi antara Anda dan pelanggan, serta sarana untuk memberikan informasi yang relevan dan berguna bagi pengunjung.

Cara Membuat Website Bisnis Online Dengan WordPress
Cara Membuat Website Bisnis Online Dengan WordPress

Salah satu platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat website bisnis online adalah WordPress. WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang populer dan banyak digunakan di dunia. WordPress memiliki banyak kelebihan, seperti mudah digunakan, fleksibel, gratis, dan memiliki banyak tema dan plugin yang dapat menambahkan fungsi dan fitur ke website Anda. Bila Anda tidak ingin ribet dengan teknikal pembuatan secara manual Anda bisa menggunakan Jasa Pembuatan Website.

Namun, bagaimana cara membuat website bisnis online dengan WordPress? Apa saja yang perlu Anda persiapkan dan lakukan? Tenang, di artikel ini kami akan menjelaskan langkah-langkah membuat website bisnis online dengan WordPress secara mudah dan praktis. Simak baik-baik ya!

Langkah-Langkah Membuat Website Bisnis Online Dengan WordPress

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat website bisnis online dengan WordPress:

1. Siapkan layanan web hosting dan nama domain

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan layanan web hosting dan nama domain untuk website Anda. Web hosting adalah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan dan sumber daya untuk menjalankan website Anda di internet. Nama domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi website Anda. Anda perlu memilih web hosting dan nama domain yang berkualitas, terpercaya, dan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Anda dapat membandingkan berbagai pilihan web hosting dan nama domain di internet, atau menggunakan rekomendasi dari kami, yaitu [Niagahoster], yang merupakan salah satu penyedia layanan web hosting dan domain terbaik di Indonesia.

2. Install WordPress

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah menginstall WordPress di web hosting Anda. Anda dapat menginstall WordPress secara manual atau menggunakan fitur auto-installer yang disediakan oleh web hosting Anda. Kami sarankan Anda menggunakan fitur auto-installer, karena lebih mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengikuti panduan yang disediakan oleh web hosting Anda, atau Anda dapat melihat contoh cara menginstall WordPress di Panduan WordPress: Langkah-Langkah Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula.

3. Pilih dan aktifkan tema

Langkah ketiga yang perlu Anda lakukan adalah memilih dan mengaktifkan tema untuk website Anda. Tema adalah elemen yang menentukan tampilan dan nuansa website Anda. Anda perlu memilih tema yang sesuai dengan konsep, tujuan, dan target website bisnis online Anda. Anda dapat memilih tema yang gratis atau berbayar, dari yang sederhana hingga yang canggih, dari yang umum hingga yang khusus. Anda dapat mencari dan menginstall tema dari direktori resmi WordPress, atau dari sumber lain yang terpercaya. Anda juga dapat melihat contoh tema-tema WordPress yang cocok untuk website bisnis online di Cara Mengubah Tema, Install Plugin dan Mengoptimasi Performa WordPress.

4. Install dan konfigurasi plugin

Langkah keempat yang perlu Anda lakukan adalah menginstall dan mengkonfigurasi plugin untuk website Anda. Plugin adalah elemen yang menambahkan fungsi dan fitur tambahan ke website Anda. Anda perlu menginstall plugin yang diperlukan untuk website bisnis online Anda, seperti plugin untuk e-commerce, SEO, keamanan, optimasi, dan lain-lain. Anda dapat memilih plugin yang gratis atau berbayar, dari yang sederhana hingga yang canggih, dari yang umum hingga yang khusus. Anda dapat mencari dan menginstall plugin dari direktori resmi WordPress, atau dari sumber lain yang terpercaya. Anda juga dapat melihat contoh plugin-plugin WordPress yang wajib Anda install untuk website bisnis online di Cara Install Plugin Di WordPress.

5. Tambahkan katalog produk

Langkah kelima yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan katalog produk ke website Anda. Katalog produk adalah daftar produk atau jasa yang Anda tawarkan di website bisnis online Anda. Anda perlu menambahkan katalog produk yang informatif, menarik, dan berkualitas, yang dapat menarik minat dan kepercayaan pembeli. Anda perlu menambahkan katalog produk yang meliputi nama, deskripsi, harga, gambar, kategori, dan lain-lain. Anda juga perlu menentukan metode pembayaran, pengiriman, dan pengembalian produk yang Anda tawarkan. Anda dapat menambahkan katalog produk dengan menggunakan plugin e-commerce, seperti WooCommerce, yang merupakan plugin e-commerce terpopuler dan terlengkap untuk WordPress.

6. Buat halaman kontak

Langkah keenam yang perlu Anda lakukan adalah membuat halaman kontak untuk website Anda. Halaman kontak adalah halaman yang berisi informasi kontak Anda, seperti alamat, telepon, email, formulir, media sosial, dan lain-lain. Halaman kontak adalah halaman yang penting untuk website bisnis online Anda, karena dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan, serta mendapatkan feedback yang berguna untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa Anda. Anda dapat membuat halaman kontak dengan menggunakan plugin kontak, seperti Contact Form 7, yang merupakan plugin kontak terpopuler dan tersederhana untuk WordPress. Anda dapat melihat contoh cara membuat halaman kontak dengan Contact Form 7 di [sini].

7. Buat halaman tentang kami

Langkah ketujuh yang perlu Anda lakukan adalah membuat halaman tentang kami untuk website Anda. Halaman tentang kami adalah halaman yang berisi informasi tentang Anda, seperti profil, visi, misi, tujuan, filosofi, dan keunggulan kompetitif Anda. Halaman tentang kami adalah halaman yang penting untuk website bisnis online Anda, karena dapat membantu Anda untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan nilai-nilai yang Anda miliki kepada pelanggan, serta membedakan Anda dari pesaing. Anda dapat membuat halaman tentang kami dengan menggunakan editor bawaan WordPress, atau menggunakan plugin page builder, seperti Elementor, yang merupakan plugin page builder terpopuler dan tercanggih untuk WordPress. Anda dapat melihat contoh cara membuat halaman tentang kami dengan Elementor di [sini].

8. Rancang menu navigasi website

Langkah kedelapan yang perlu Anda lakukan adalah merancang menu navigasi untuk website Anda. Menu navigasi adalah elemen yang berisi link-link ke halaman-halaman penting di website Anda, seperti halaman utama, halaman produk, halaman kontak, dan lain-lain. Menu navigasi adalah elemen yang penting untuk website bisnis online Anda, karena dapat membantu pengunjung untuk menemukan dan mengakses informasi yang mereka cari dengan mudah dan cepat. Anda perlu merancang menu navigasi yang jelas, rapi, dan logis, yang dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Anda dapat merancang menu navigasi dengan menggunakan fitur bawaan WordPress, atau menggunakan plugin menu, seperti Max Mega Menu, yang merupakan plugin menu terpopuler dan terlengkap untuk WordPress. Anda dapat melihat contoh cara merancang menu navigasi dengan Max Mega Menu di [sini].

9. Optimasi performa website

Langkah kesembilan dan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimasi performa website Anda. Performa website adalah aspek yang menentukan seberapa cepat dan lancar website Anda berfungsi di internet. Performa website adalah aspek yang penting untuk website bisnis online Anda, karena dapat mempengaruhi pengalaman pengguna, peringkat mesin pencari, dan konversi penjualan. Anda perlu mengoptimasi performa website Anda dengan menggunakan plugin optimasi, seperti WP Rocket, yang merupakan plugin optimasi terpopuler dan terbaik untuk WordPress. Anda dapat melihat contoh cara mengoptimasi performa website dengan WP Rocket di [sini].

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah membuat website bisnis online dengan WordPress. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat website bisnis online yang informatif, menarik, dan berkualitas, yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda secara online. Selamat mencoba!