NEON WEB ID

Home » Insight » Website Bisnis: Pengertian, Tips, Contoh hingga Cara Membuatnya
Website Bisnis: Pengertian, Tips, Contoh hingga Cara Membuatnya

Website Bisnis: Pengertian, Tips, Contoh hingga Cara Membuatnya

Website bisnis adalah sebuah situs web yang dibuat untuk mempromosikan atau menjual produk dan jasa dari suatu perusahaan, organisasi, atau individu. Website bisnis memiliki tujuan untuk menarik minat pembeli, membangun kredibilitas, dan meningkatkan omset.

Website Bisnis: Pengertian, Tips, Contoh hingga Cara Membuatnya
Website Bisnis: Pengertian, Tips, Contoh hingga Cara Membuatnya

Website bisnis juga dapat menjadi media komunikasi antara perusahaan dan pelanggan, serta sarana untuk memberikan informasi yang relevan dan berguna bagi pengunjung. Anda bisa membuat website bisnis mulai dengan 1 Jutaan melalui Jasa Buat Website.

Website bisnis merupakan salah satu aspek penting dalam strategi pemasaran digital, karena dapat membantu perusahaan untuk mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan mengoptimalkan konversi. Namun, membuat website bisnis yang efektif tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar website bisnis dapat berfungsi dengan baik dan memberikan hasil yang optimal.

Tips Membuat Website Bisnis yang Efektif

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat website bisnis yang efektif:

  1. Membuat website bisnis yang search engine-friendly. Salah satu cara untuk meningkatkan trafik ke website bisnis Anda adalah dengan memastikan bahwa website Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Untuk itu, Anda perlu menerapkan teknik SEO (search engine optimization) yang meliputi pemilihan kata kunci, penulisan konten, penggunaan tag, optimasi gambar, kecepatan loading, dan lain-lain. Dengan menerapkan SEO, Anda dapat meningkatkan peringkat website Anda di halaman hasil pencarian dan menarik pengunjung yang tertarik dengan produk atau jasa Anda.
  2. Ceritakan brand Anda. Website bisnis Anda adalah representasi online dari perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menampilkan identitas dan nilai-nilai yang Anda miliki melalui website Anda. Anda dapat menunjukkan visi, misi, tujuan, filosofi, dan keunggulan kompetitif Anda melalui desain, warna, logo, slogan, dan konten website Anda. Dengan begitu, Anda dapat membangun citra positif dan membedakan diri Anda dari pesaing.
  3. Membuat website bisnis yang user-friendly. Selain mudah ditemukan oleh mesin pencari, website bisnis Anda juga harus mudah digunakan oleh pengunjung. Anda perlu memastikan bahwa website Anda memiliki desain yang menarik, navigasi yang jelas, tata letak yang rapi, dan konten yang informatif. Anda juga perlu memperhatikan aspek teknis seperti responsivitas, keamanan, dan kompatibilitas dengan berbagai perangkat dan browser. Dengan membuat website bisnis yang user-friendly, Anda dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan Anda.
  4. Buat calon pelanggan percaya melalui testimoni. Salah satu cara untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa produk atau jasa Anda berkualitas dan dapat dipercaya adalah dengan menampilkan testimoni dari pelanggan yang sudah puas dengan Anda. Anda dapat menampilkan testimoni dalam bentuk teks, gambar, video, atau audio di website Anda. Testimoni dapat membantu Anda untuk meningkatkan kredibilitas, reputasi, dan kepercayaan calon pelanggan terhadap Anda.
  5. Tetap terhubung dengan pelanggan. Website bisnis Anda tidak hanya berfungsi sebagai media promosi atau penjualan, tetapi juga sebagai media komunikasi antara Anda dan pelanggan Anda. Anda perlu memberikan saluran komunikasi yang mudah dan cepat bagi pelanggan untuk menghubungi Anda, baik melalui telepon, email, formulir kontak, live chat, media sosial, atau lainnya. Anda juga perlu memberikan layanan pelanggan yang responsif, ramah, dan profesional. Dengan tetap terhubung dengan pelanggan, Anda dapat meningkatkan hubungan dan interaksi dengan mereka, serta mendapatkan feedback yang berguna untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa Anda.
  6. Sertakan call-to-action dengan jelas. Call-to-action adalah sebuah perintah atau ajakan yang Anda berikan kepada pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu di website Anda, seperti membeli produk, mendaftar layanan, mengunduh materi, mengisi survei, atau lainnya. Call-to-action yang jelas dan menarik dapat membantu Anda untuk mengarahkan pengunjung ke tahap selanjutnya dalam funnel penjualan Anda, serta meningkatkan konversi dan omset Anda. Anda dapat menampilkan call-to-action dalam bentuk tombol, link, banner, pop-up, atau lainnya di website Anda, dengan menggunakan kata-kata yang persuasif, singkat, dan spesifik.
  7. Jadikan website mobile-friendly. Di era serba mobile seperti sekarang, banyak orang yang mengakses internet melalui smartphone atau tablet. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa website bisnis Anda dapat ditampilkan dengan baik dan mudah digunakan di perangkat mobile. Anda dapat menggunakan desain responsif yang dapat menyesuaikan tampilan website Anda sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan. Anda juga perlu mengoptimalkan elemen-elemen website Anda agar tidak mengganggu pengalaman pengguna di perangkat mobile, seperti mengurangi ukuran gambar, menghapus elemen yang tidak penting, dan menyederhanakan konten.

Contoh Website Bisnis yang Menarik dan Inspiratif

Untuk memberikan Anda gambaran tentang bagaimana website bisnis yang efektif, berikut ini adalah beberapa contoh website bisnis yang menarik dan inspiratif:

  • Surf Happy: Website bisnis ini menjual produk pakaian dengan tema surfing. Website ini memiliki desain yang ceria, segar, dan penuh warna, yang sesuai dengan citra brand mereka. Website ini juga memiliki navigasi yang mudah, konten yang informatif, dan testimoni yang menarik.
  • Millaw Kids: Website bisnis ini menjual produk pakaian anak-anak. Website ini memiliki desain yang simpel, minimalis, dan elegan, yang mencerminkan image brand mereka. Website ini juga menampilkan produk-produk terbaik mereka di halaman utama, serta menyediakan fitur pencarian dan filter yang memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang diinginkan.
  • Forrest: Website bisnis ini menjual produk lifestyle seperti kopi, madu, dan lilin. Website ini memiliki desain yang chic, modern, dan profesional, yang menunjukkan kualitas produk mereka. Website ini juga memiliki efek smooth scrolling dan animasi yang menarik, serta call-to-action yang jelas dan menonjol.
  • Bayer: Website bisnis ini adalah website perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan pertanian. Website ini memiliki desain yang informatif, edukatif, dan kredibel, yang menampilkan profil, visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan mereka. Website ini juga memiliki menu magazine yang berisi artikel-artikel berguna dari berbagai topik, serta fitur pencarian yang canggih.
  • Coca Cola: Website bisnis ini adalah website perusahaan yang bergerak di bidang minuman. Website ini memiliki desain yang dinamis, interaktif, dan menyenangkan, yang menampilkan produk, cerita, dan kampanye perusahaan mereka. Website ini juga memiliki fitur media sosial yang memungkinkan pengunjung untuk berbagi dan berinteraksi dengan perusahaan.

Cara Membuat Website Bisnis yang Mudah dan Praktis

Setelah mengetahui tips dan contoh website bisnis yang efektif, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat website bisnis yang mudah dan praktis. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat website bisnis Anda sendiri:

  1. Beli layanan web hosting. Web hosting adalah layanan yang menyediakan ruang penyimpanan dan sumber daya untuk menjalankan website Anda di internet. Anda perlu memilih web hosting yang berkualitas, terpercaya, dan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Anda dapat membandingkan berbagai pilihan web hosting di internet, atau menggunakan rekomendasi dari kami, yaitu [Niagahoster], yang merupakan salah satu penyedia web hosting terbaik di Indonesia.
  2. Pilih nama domain bisnis. Nama domain bisnis adalah salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan website Anda. Nama domain bisnis harus mencerminkan identitas, nilai, dan tujuan bisnis Anda, serta mudah diingat dan diketik oleh pengunjung. Gunakan nama brand sebagai nama domain, jika Anda sudah memiliki nama brand yang unik dan menarik. Buat nama domain yang singkat, maksimal tiga kata. Nama domain yang singkat lebih mudah diingat, diketik, dan dibagikan. Hindari nama domain yang terlalu panjang, rumit, atau mengandung banyak angka dan tanda baca. Tambahkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, jika memungkinkan. Kata kunci dapat membantu Anda meningkatkan peringkat di mesin pencari, menarik trafik, dan menunjukkan niche bisnis Anda. Namun, jangan mengorbankan kreativitas dan originalitas nama domain Anda. Gunakan ekstensi domain yang sesuai dengan bisnis Anda. Ekstensi domain adalah akhiran yang menunjukkan jenis atau kategori website Anda. Ada banyak pilihan ekstensi domain yang tersedia, seperti .com, .net, .id, .store, .online, dan lain-lain. Cek legal trademark sebelum membeli nama domain. Anda harus memastikan bahwa nama domain yang Anda inginkan tidak melanggar hak cipta atau merek dagang milik pihak lain. 
  1. Pilih platform website. Platform website adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola website Anda. Ada banyak pilihan platform website yang tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, dari yang mudah hingga yang sulit, dari yang sederhana hingga yang kompleks. Anda perlu memilih platform website yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan preferensi Anda. Anda dapat memilih platform website yang populer dan banyak digunakan, seperti WordPress, Joomla, Drupal, Wix, Squarespace, atau lainnya.
  2. Instal dan konfigurasi platform website. Setelah memilih platform website, Anda perlu menginstal dan mengkonfigurasi platform website Anda di web hosting Anda. Anda dapat mengikuti panduan instalasi dan konfigurasi yang disediakan oleh platform website yang Anda pilih, atau menggunakan fitur auto-installer yang disediakan oleh web hosting Anda. Anda juga perlu mengatur pengaturan dasar seperti nama website, deskripsi, bahasa, zona waktu, dan lain-lain.
  3. Pilih tema dan plugin. Tema adalah elemen yang menentukan tampilan dan nuansa website Anda. Plugin adalah elemen yang menambahkan fungsi dan fitur tambahan ke website Anda. Anda perlu memilih tema dan plugin yang sesuai dengan konsep, tujuan, dan target website bisnis Anda. Anda dapat memilih tema dan plugin yang gratis atau berbayar, dari yang sederhana hingga yang canggih, dari yang umum hingga yang khusus. Anda dapat mencari dan menginstal tema dan plugin dari direktori resmi platform website Anda, atau dari sumber lain yang terpercaya.
  4. Buat konten website. Konten adalah elemen yang menentukan isi dan pesan website Anda. Anda perlu membuat konten website yang informatif, menarik, dan berkualitas, sesuai dengan tips yang sudah saya berikan sebelumnya. Anda perlu membuat konten website yang meliputi halaman-halaman penting seperti halaman utama, halaman tentang, halaman produk atau jasa, halaman testimoni, halaman kontak, dan lain-lain. Anda juga perlu membuat konten website yang berupa artikel-artikel yang relevan dan berguna bagi pengunjung, yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan trafik, kredibilitas, dan konversi website Anda.
  5. Luncurkan website bisnis Anda. Setelah semua langkah sebelumnya selesai, Anda sudah siap untuk meluncurkan website bisnis Anda ke dunia. Anda perlu memeriksa kembali website Anda, apakah sudah berfungsi dengan baik, apakah sudah sesuai dengan harapan Anda, apakah sudah tidak ada kesalahan atau masalah yang mengganggu. Anda juga perlu mempromosikan website bisnis Anda, baik melalui media sosial, email marketing, iklan online, atau cara lain yang efektif. Anda juga perlu memonitor dan mengukur kinerja website bisnis Anda, baik melalui Google Analytics, Google Search Console, atau alat lain yang dapat memberikan Anda data dan insight yang berguna untuk meningkatkan website bisnis Anda.

Kesimpulan

Website bisnis adalah sebuah situs web yang dibuat untuk mempromosikan atau menjual produk dan jasa dari suatu perusahaan, organisasi, atau individu. Website bisnis memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan brand awareness, menarik minat pembeli, membangun kredibilitas, dan meningkatkan omset. Namun, membuat website bisnis yang efektif tidaklah mudah. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, seperti membuat website bisnis yang search engine-friendly, user-friendly, mobile-friendly, ceritakan brand Anda, buat calon pelanggan percaya melalui testimoni, tetap terhubung dengan pelanggan, dan sertakan call-to-action dengan jelas. Ada juga beberapa contoh website bisnis yang menarik dan inspiratif, seperti Surf Happy, Millaw Kids, Forrest, Bayer, dan Coca Cola. Ada juga cara membuat website bisnis yang mudah dan praktis, yaitu dengan membeli layanan web hosting, memilih nama domain bisnis, memilih platform website, menginstal dan mengkonfigurasi platform website, memilih tema dan plugin, membuat konten website, dan meluncurkan website bisnis Anda.