NEON WEB ID

Home » Panduan » Tutorial WordPress Pemula » Menambahkan Gambar di Posting berikut Optimasi SEOnya
Menambah Gambar Di Postingan WordPress

Menambahkan Gambar di Posting berikut Optimasi SEOnya

Tanpa gambar, pastinya sebuah website akan terlihat kurang menarik. Sebaiknya kamu menambahkan dan mengoptimasi gambar di situs WordPress kamu agar postingan dan halaman menjadi lebih menarik, meningkatkan ranking SEO, dan kecepatan.

Menambahkan Media

Menambahkan Gambar

Ada dua block yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan gambar, yaitu block Image untuk mengunggah satu gambar dan block Gallery untuk mengunggah beberapa gambar sekaligus.

Jika kamu hanya ingin menampilkan satu gambar, pakailah block Image. Block Gallery lebih sesuai untuk menampilkan beberapa gambar dalam kolom dan baris dengan tata letak grid atau posisi vertikal dan horizontal.

Ada tiga cara untuk mengunggah satu atau lebih gambar di Block Editor pada situs berbasis WordPress:

  • Drag-and-drop media gambar langsung ke block yang kamu inginkan.
  • Tambahkan media gambar yang sudah ada dari Media Library.
  • Masukkan gambar baru lewat Dashboard -> Media -> Add New.
Menambah Gambar Di Postingan WordPress
Menambah Gambar Di Postingan WordPress

Untuk mengedit gambar, klik gambar yang kamu inginkan, kemudian buka Settings -> Block.

Di sini, kamu dapat mengubah gaya, ukuran, hingga dimensi gambar sesuai keinginan kamu. Pilihlah ukuran gambar default WordPress, atau sesuaikan ukuran gambar agar sesuai dengan website wordpress kamu.

Menambahkan Media Jenis Lainnya

Agar visual website kamu semakin menarik bagi pengunjung, kamu juga dapat menambahkan media lainnya. Jenis media yang dapat kamu tambahkan ke postingan ragamnya banyak, mulai dari video, audio hingga dokumen yang dapat diunduh.

Untuk menambahkan media baru langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka Dashboard -> Media -> Add New.

Menambahkan Media Pada WordPress melalui Dasboard
Menambahkan Media Pada WordPress melalui Dasboard

Kamu juga bisa memakai tombol Media di bawah simbol “+” pada header. Kamu dapat juga menambahkan media melalui block. Caranya yaitu, klik simbol “+” lagi, lalu cari Media.

Menambahkan Media Melalui Tombol + di Header
Menambahkan Media Melalui Tombol + di Header

Cara lain untuk menambahkan media gambar, audio, dan video adalah dengan copy-paste URL media tersebut dalam block postingan kamu. Pilihan ini berguna jika kamu ingin postingan dan halaman website dapat dimuat lebih cepat.

Optimasi SEO dalam Postingan WordPress

Menambahkan Featured Image

Featured image adalah gambar yang akan tampil di Search Engine atau ketika postingan dibagikan di platform media sosial. Gambar ini bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung, menambah nilai konten, serta meningkatkan ranking SEO website kamu.

Untuk menambahkan featured image, kamu dapat membuka Settings -> Post -> Featured image -> Set featured image. Kamu akan diarahkan ke Media Library untuk memilih gambar yang kamu inginkan.

Menambahkan Featured Image di Postingan WordPress
Menambahkan Featured Image di Postingan WordPress

Gambar yang kamu pilih dapat diedit dengan tool yang tersedia di bagian kanan Media Library. Ada juga pilihan untuk menuliskan alt text, caption, serta deskripsi gambar. Jika kamu ingin mengganti featured image yang sudah dipilih, lakukan klik Replace Image pada bagian  menu Settings.

Sayangnya, tidak semua tema WordPress memberikan dukungan untuk fitur featured image. Jadi, perhatikan langkah ini kemudian lakukan langkah-langkah tambahan untuk memastikan jika postingan di website kamu sudah mempunyai featured image.

Pastikan untuk memilih featured image dengan seksama. Ini disebabkan karena feature image akan menjadi hal yang pertama dilihat pengunjung website WordPress kamu sebelum melanjutkan membaca postingan.

Menambahkan Category dan Tag

Penting untuk mengaplikasikan category dan tag pada postingan kamu dalam hal SEO, ini juga akan berdampak pada website WordPress kamu tetap rapi.

Category mencakup topik blog secara umum, sementara tag dibuat lebih spesifik untuk postingan website kamu. Contohnya kamu menulis postingan yang kontennya berisi strategi digital marketing menggunakan email marketing, maka Category untuk postingan ini adalah “Digital Marketing”, lalu untuk tagnya “Email Marketing”.

Perlu untuk kamu ingat, satu postingan dapat dimasukkan ke dalam lebih dari satu category dan tag sekaligus.

Menambahkan Tag dan Kategori ketika Membuat Postingan
Menambahkan Tag dan Kategori ketika Membuat Postingan

Jika kamu ingin menambahkan category atau tag baru, bukalah Dashboard -> Posts -> Categories atau Tags. Di sini, kamu dapat mengedit nama, slug URL, hingga deskripsinya. Kamu juga dapat melihat seluruh postingan yang diberi category dan tag terkait.

Menambahkan Tag dan Kategoti Baru Melalui Dashboard
Menambahkan Tag dan Kategoti Baru Melalui Dashboard

Category juga dapat kamu tambahkan ke menu website, seperti halnya halaman. Untuk melakukannya, buka Dashboard -> Appearance -> Menus. Di sini kamu akan menemukan pilihan Categories di bawah Add menu items.

Menambahkan Kategori pada Menu Website WordPress
Menambahkan Kategori pada Menu Website WordPress

Membuat Slug atau Permalink

Sebagai salah satu bagian utama dalam on-page SEO, slug penting untuk meningkatkan ranking postingan website kamu di Search Engine.

Permalink merupakan kependekan dari permanent link, yaitu URL postingan yang dibuat secara default berdasarkan judul postingan yang dibuat.

Bagian dari link yang secara otomatis serupa dengan judul postingan disebut post slug atau slug URL. Bagian ini dapat kamu edit lewat Settings -> Post -> Permalinks.

Tanda baca seperti koma, tanda petik, dan apostrof merupakan karakter yang tidak valid dalam URL kemudian akan otomatis diganti dengan tanda hubung “-”.

Membuat Slug atau Permalink
Membuat Slug atau Permalink

Setelah kamu mempublikasikan postingan, kamu masih dapat mengubah slugnya. Jika kamu ingin mengubah judul setelah postingan dipublikasikan, jangansampai lupa mengecek slugnya lagi.

Menambahkan Excerpt

Excerpt adalah ringkasan atau cuplikan dari konten postingan blog yang kamu buat. Biasanya bagian ini dipakai untuk menarik perhatian pembaca lalu meyakinkan mereka untuk terus membaca, hal ini dikarenakan judul dan featured image kadang masih belum cukup untuk meyakinkan mereka.

Secara default WordPress akan secara otomatis mengambil 55 kata pertama pada postingan yang kamu buat untuk dijadikan excerpt. Tetapi, kamu tetap dapat membuatnya sendiri agar lebih sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk mengaturnya bukalah Settings -> Post -> Excerpt, disana akan tersedia kotak untuk menuliskan excerpt yang kamu inginkan. Kamu juga dapat memakai HTML atau plugin untuk menyesuaikan batasan jumlah kata yang bisa ditetapkan.

Kotak untuk menuliskan Excerpt yang diinginkan
Kotak untuk menuliskan Excerpt yang diinginkan

Pada halaman postingan, disediakan pilihan untuk menampilkan penuh konten artikel kamu atau hanya excerpt saja.

Untuk menampilkan hanya excerpt saja, buka Dashboard -> Settings -> Reading. Kemudian, pada bagian For each post in a feed, include, pilihlah Summary.

Cara untuk hanya menammilkan Excerpt saja
Cara untuk hanya menammilkan Excerpt saja

Dengan menampilkan hanya excerpt saja, kamu dapat mengarahkan pengunjung untuk membaca postingan lengkapnya di halaman blog kamu sehingga akan ikut berperan untuk meningkatkan jumlah klik.

Memilih Author

Penting untuk kamu memilih author atau penulis khususnya bagi website yang mempunyai beberapa user yang berbeda. WordPress secara default memakai nama pembuat website sebagai author utama yang menulis dan menerbitkan postingan yang dibuat.

Tetapi, ada juga pilihan untuk memilih author bagi setiap postingan WordPress di website kamu. Pertama kamu wajib mengubah beberapa user dulu sebagai author dengan membuat role user WordPress yang baru.

Untuk melakukannya, bukalah Dashboard -> Users -> Add New. Kemudian isi kolom-kolom yang disediakan, seperti username yang akan ditampilkan di website, alamat email, kemudian ubah perannya menjadi Author.

Menambahkan Author pada WordPress
Menambahkan Author pada WordPress

Untuk melihat seluruh author website WordPress kamu, bukalah All Users lalu pastikan untuk mencentang kotak di samping Role pada tab Screen Options. Nah, sekarang kamu dapat melihat seluruh user dan role yang ada dalam website WordPress kamu.

Cara Melihat Seluruh Author Di Website WordPress
Cara Melihat Seluruh Author Di Website WordPress

Jika kamu ingin mengubah author pada sebuah postingan, buka Settings -> Post -> Status & Visibility pada editor. Setelah itu, klik Author.

Salah satu manfaat fitur ini adalah efisiensi serta kemudahannya dalam pengelolaan penulis sehingga setiap postingan dapat diberikan keterangan penulis sendiri.

Sampai disini kamu sudah berhasil untuk menguasai bagaimana cara untuk menambahkan gambar di postingan wordpress dan media lain beserta optimasi SEO dalam postingan wordpress. Setelah berhasil untuk menguasai dan berhasil membuat postingan di WordPress langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mempublikasikan postingan yang telah kamu buat agar dapat dibaca oleh pengunjung. 

Untuk mengetahui bagaimana cara mempublikasikan postingan kamu dapat membaca artikel Cara-cara Mempublikasikan Postingan dari kami.

Sekian pembahasan kami mengenai Menambahkan Gambar di Postingan WordPress serta Optimasi SEOnya. Semoga bermanfaat, See You!!