NEON WEB ID

Home » Insight » Website Alternatif Tokotalk untuk Belajar Branding dan Bisnis
Website Alternatif Tokotalk untuk Belajar Branding dan Bisnis

Website Alternatif Tokotalk untuk Belajar Branding dan Bisnis

Tokotalk adalah platform e-commerce website builder yang berbasis di Indonesia dan didirikan pada 2018 oleh startup teknologi Codebrick asal Korea Selatan. Tokotalk menawarkan kemudahan bagi para penjual online untuk membuat website toko online yang lengkap, mulai dari desain, konten, transaksi, hingga promosi. Tokotalk juga terintegrasi dengan berbagai layanan seperti media sosial, logistik, pembayaran digital, dan chatbot.

Website Alternatif Tokotalk untuk Belajar Branding dan Bisnis
Website Alternatif Tokotalk untuk Belajar Branding dan Bisnis

Namun, sayangnya, Tokotalk mengumumkan akan menutup layanan pada 28 Oktober 2022. Alasan penutupan layanan ini tidak dijelaskan secara rinci oleh pihak Tokotalk, namun diduga berkaitan dengan persaingan yang ketat di pasar e-commerce Indonesia. Tokotalk juga tidak menawarkan pengembalian dana bagi para pengguna yang sudah membayar paket berlangganan, melainkan hanya memberikan layanan back-end support hingga 14 November 2022.

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Tokotalk untuk berjualan online, tentu penutupan layanan ini menjadi sebuah masalah. Anda harus mencari platform lain yang bisa menggantikan Tokotalk sebagai website toko online Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada banyak website alternatif Tokotalk yang bisa Anda gunakan untuk belajar branding dan bisnis online. Berikut ini adalah beberapa website alternatif Tokotalk yang bisa Anda coba:

Website Alternatif Tokotalk untuk Belajar Branding dan Bisnis

1. Shopify

Shopify adalah platform e-commerce website builder yang paling populer dan terbesar di dunia[^4^][4]. Shopify memiliki lebih dari 1,7 juta toko online di lebih dari 175 negara. Shopify menawarkan berbagai fitur dan layanan yang lengkap dan profesional, seperti desain website yang responsif dan menarik, sistem manajemen produk dan inventori yang mudah, integrasi dengan berbagai saluran penjualan seperti Facebook, Instagram, Amazon, dan lain-lain, sistem pembayaran online yang aman dan terpercaya, analisis dan laporan bisnis yang detail, serta dukungan pelanggan yang siap 24/7. Shopify juga memiliki komunitas yang besar dan aktif, yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar dan berbagi pengalaman tentang branding dan bisnis online. Shopify memiliki paket berlangganan mulai dari $29 hingga $299 per bulan, tergantung pada fitur dan layanan yang Anda butuhkan.

2. Wix

Wix adalah platform website builder yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis website, termasuk website toko online. Wix memiliki lebih dari 200 juta pengguna di lebih dari 190 negara. Wix menawarkan kemudahan dan kebebasan bagi Anda untuk membuat website toko online yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, dengan fitur drag-and-drop yang intuitif, editor website yang fleksibel, serta lebih dari 500 template website yang cantik dan profesional. Wix juga memiliki fitur dan layanan yang mendukung bisnis online Anda, seperti sistem manajemen produk dan pesanan yang efisien, integrasi dengan berbagai metode pembayaran online yang populer, optimasi SEO yang membantu website Anda ditemukan di mesin pencari, serta alat pemasaran dan promosi yang canggih. Wix juga memiliki akademi online yang bisa Anda akses untuk belajar dan meningkatkan keterampilan Anda tentang branding dan bisnis online. Wix memiliki paket berlangganan mulai dari gratis hingga $500 per bulan, tergantung pada fitur dan layanan yang Anda butuhkan.

3. Squarespace

Squarespace adalah platform website builder yang dikenal dengan desain website yang elegan dan minimalis. Squarespace memiliki lebih dari 2 juta toko online di seluruh dunia. Squarespace menawarkan fitur dan layanan yang berkualitas dan terintegrasi, seperti desain website yang responsif dan modern, sistem manajemen produk dan inventori yang simpel, integrasi dengan berbagai platform e-commerce seperti Stripe, PayPal, Apple Pay, dan lain-lain, sistem pengiriman dan pajak yang otomatis, analisis dan laporan bisnis yang komprehensif, serta dukungan pelanggan yang responsif dan ramah. Squarespace juga memiliki blog dan podcast yang bisa Anda ikuti untuk belajar dan mendapatkan inspirasi tentang branding dan bisnis online. Squarespace memiliki paket berlangganan mulai dari $12 hingga $40 per bulan, tergantung pada fitur dan layanan yang Anda butuhkan.

4. BigCommerce

BigCommerce adalah platform e-commerce website builder yang dirancang untuk bisnis online yang berskala besar. BigCommerce memiliki lebih dari 60 ribu toko online di lebih dari 120 negara. BigCommerce menawarkan fitur dan layanan yang powerful dan scalable, seperti desain website yang responsif dan kustomisasi, sistem manajemen produk dan inventori yang canggih, integrasi dengan berbagai saluran penjualan seperti Amazon, eBay, Facebook, Instagram, dan lain-lain, sistem pembayaran online yang aman dan terdiversifikasi, optimasi SEO yang tinggi, serta alat pemasaran dan promosi yang efektif. BigCommerce juga memiliki sumber daya yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar dan mengembangkan bisnis online Anda, seperti blog, webinar, ebook, video, dan lain-lain. BigCommerce memiliki paket berlangganan mulai dari $29,95 hingga $299,95 per bulan, tergantung pada fitur dan layanan yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa website alternatif Tokotalk yang bisa Anda gunakan untuk belajar branding dan bisnis online. Setiap website memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jangan biarkan penutupan layanan Tokotalk menghentikan langkah Anda untuk berjualan online. Anda masih bisa melanjutkan bisnis online Anda dengan bantuan website alternatif Tokotalk yang kami rekomendasikan. Selamat mencoba!