Perbedaan Category dan Tag WordPress

Dari sekian banyak platform website yang ada untuk saat ini, dapat dikatakan bahwa WordPress merupakan salah satu platform yang memiliki pengguna paling banyak. Selain mudah digunakan, WordPress menyediakan berbagai fitur yang membantu terutama Category dan Tag. Kedua fitur ini memang hampir sama sampai banyak yang belum tahu perbedaan Category dan Tag WordPress.

Jika kamu merupakan salah satu pengguna platform WordPress yang belum mengetahuinya, maka tidak usah khawatir lagi. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa hal yang menunjukan perbedaan antara Category dan juga Tag pada WordPress. Tentunya hal ini akan membantu kamu dalam memaksimalkan kedua fitur tersebut. Untuk itu, langsung saja berikut ini penjelasannya.

Perbedaan Category dan Tag WordPress

Perbedaan Category dan Tag WordPress
wpblog.com

Ketika kamu sedang membuat sebuah postingan di dalam WordPress pada waktu pertama kali, maka kamu akan melihat fitut yang bernama Category dan juga Tag. Bisa dibilang bahwa, kedua fitur tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mengklasifikasi topik tertentu pada postingan yang akan dibagi. Sedangkan untuk perbedaannya, kamu dapat memahami informasi berikut ini.

Category

Category atau dalam bahasa Indonesianya adalah Kategori, Merupakan sebuah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengelompokkan suatu postingan pada sebuah topik tertentu. Topik yang digunakan pada Category ini, biasanya bersifat tidak terlalu spesifik atau lebih umum. Selain itu, kamu dapat meilihat beberapa hal tentang Category sebagai berikut.

  1. Category merupakan sebuah daftar isi yang utama pada website kamu.
  2. Category berfungsi sebagai penentu untuk subjek pada website kamu.
  3. Category membantu para pengunjung mengenai ketepatan tempat yang sedang dikunjungi.
  4. Category merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam hal kenyamanan pengunjung.
  5. Category perlu untuk memiliki spesifikasi yang cukup. Hal ini akan membuat para pengunjung lebih mudah dalam menemukan segala informasi yang dibutuhkan mereka.
  6. Dalam sebuah website, Category yang ideal yakni berjumlah 5 sampai 7 Category.
  7. Category ini ditentukan ketika kamu membuat website pertama kali.
  8. Category dapat kamu jadikan sebagai menu utama pada website.
  9. Penggunaan Uncategorized untuk menonaktifkan fitur Category.

Tag

Tag merupakan sebuah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelompokkan beberapa postingan menjadi satu sesuai dengan tema. Tema yang dimaksud ini, yakni tema secara khusus yang bersifat lebih spesifik dan juga lebih detail jika dibandingkan dengan Category. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu dapat mengetahui beberapa informasi mengenai Tag sebagai berikut ini.

  1. Tag merupakan sebuah mikro kategori ataupun mikro data pada sebuah website.
  2. Tag merupakan sub bagian yang paling kecil dalam daftar isi.
  3. Pada umunya, browser tidak perlu untuk membuat rel=”tag” dalam penulisan link dengan tujuan untuk mendefinisikan Tag.
  4. Di dalam website yang kamu jalankan, kamu dapat membuat Tag dalam jumlah yang tidak dibatasi.
  5. Kamu tidak boleh menggunakan Tag tersebut di dalam menu utama website.
  6. Biasanya pada satu buah artikel, memiliki beberapa atau lebih dari satu Tag. Namun, alangkah lebih baik jika Tag yang digunakan berjumlah tidak lebih dari lima buah dalam satu artikel.
  7. Kamu dapat menggunakan sebuah Tag untuk sub meny yang ada pada sidebar website.

Jika kamu sudah membaca dan memahami sedikit informasi di atas, tentunya kamu sudah dapat menentukan perbedaan Category dan Tag WordPress. Kedua fitur tersebut memanglah sangat penting bagi jalannya website yang kamu bangun. Namun dengan mengetahui perbedaan antara keduanya, maka kamu dapat menggunakannya dengan lebih baik.

Leave a Comment