Sebelum Kamu Bikin Website Harus Ngerti Dulu Apa Itu Hosting dan Domain

pengertian hosting dan domain, fungsi domain, fungsi hosting, pengertian web dan blog, hosting gratis, domain gratis selamanya, contoh domain, mencari nama domain

credit : techbear.com

Pengertian hosting dan domain, oke lama sudah tidak menulis lamaa sekali tapi itu tidak penting. Kali ini aku akan bahas soal apa sih pengertian hosting dan domain, apa fungsinya, bagaimana memilih dan darimana kita bisa mendapatkannya.

 

Pertama kita akan bahas apa itu domain dan hosting

Saat kita menginginkan sebuah website yang online dan bisa ditemukan di google maka syarat utamanya kamu harus punya domain dan hosting.

Untuk itu mari lanjutkan baca.

Sekedar ilustrasi singkat agar kita mudah memahami apa yang dimaksud hosting dan apa yang dimaksud domain.

Mari kita imajinasikan hosting adalah sebuah gudang. Gudang adalah sebuah bangunan yang dapat kita gunakan sebagai tepat menyimpan barang-barang. Sehingga fungsi hosting yang utama adalah untuk menyimpan file-file website kita agar bisa diakses secara online.

 

Jadi apa yang dimaksud hosting ?

Ya, hosting adalah tempat penyimpanan file website. Apakah hanya itu, tidak ada banyak fitur disana. Tapi pada dasarnya ya tempat nyimpen barang.

Lanjut,

Tapi ternyata dalam dunia digital itu yang punya gudang bukan hanya kita, tapi banyak sekali orang yang memiliki gudang dan bentuknya nyaris sama sehingga ketika kita ingin mencari file digudang akan muncul pertanyaan “mana sih gudangku”, belum lagi di dalam terdapat banyak ruangan-ruangan yang bikin pusing, nah dari situlah dibutuhkan suatu tanda agar kita bisa menemukan gudang milik kita dan dimana letak barang kita simpan, dan tanda itu dikenal dengan istilah domain. Domain adalah inisial, label atau alamat yang kita jadi untuk mengakses file hosting.

 

Jadi apa yang dimaksud domain ?

Yap, domain adalah alamat untuk mengakses file dihosting.
Sehingga dengan fungsi domain ini dapat mempermudah kita dalam mengakses file di dalam hosting.

File yang diakses tidak lain tidak bukan adalah file website. Sehingga saat domain dikenal sebagai alamat website, karena begitu di ketik www.neon.web.id yang muncul adalah sebuah halama website.

 

Lebih jauh tentang hosting dan domain.

Pengertian Subdomain

Setelah domain, ada juga subdomain, biar lebih gampang kita udah sering nemu beberapa domain unik seperti

  • web.facebook.com
  • m.facebook.com
  • m.twitter.com
  • id.asiatech.com
  • citrajasa.blogspot.com
  • namablog.wordpress.com
  • www.google.com

Nah, www, web, m dan id diawal domain itulah yang disebut subdomain. Jadi pengertian subdomain adalah awalan dari root domain yang merupakan bagian dari domain, biasa digunakan untuk keperluan pembagian area, misal “m”, digunakan untuk visitor atau user yang menggunakan mobile. Ada juga “blog” seperti “blog.detik.com” digunakan untuk halaman blog saja.

www. Juga termasuk subdomain hanya saja sudah terkenal www.domain.com dijadikan alias dari domain.com, jadi ketika kita akses www.domain.com maka hasilnya sama dengan domain.com begitu juga sebaliknya.

Berbeda ceritanya dengan neon.web.id, domain utamanya bukan web.id, tapi “neon”, web.id adalah ekstensi domain negara.

 

Jenis jenis domain

Ngomong-ngomong soal domain, domain itu dibagi sedikitnya menjadi 2, yaitu tld (top level domain) dan ctld (Country Top Level Domain).

top level domain adalah extensi domain yang digunakan secara global diseluruh dunia, ada .com,
.net, .org, .co dan lain lain

Country Top Level Domain adalah extensi domain yang berlaku di suatu negara ( tapi tetep bisa diakses dari negara lain ). Contohnya .co.id, .id, .web.id, .my.id dan lain-lain.

 

Penyedia Hosting dan domain

Sekarang darimana kita bisa mendapatkan hosting dan domain,
Hosting dan domain bisa kita dapatkan dari pernyedia jasa domain dan hosting dengan membayar.

Jika ditanya soal harga, harga bergantung penyedia layanannya biasanya mulai 100an/tahun hingga jutaan/tahun.

Butuh duit emang, tapi ada juga beberapa penyedia hosting menawarkan hosting murah bahkan hosting gratis, begitu juga soal domain, ada domain murah dan domain gratis.

 

hosting gratis dan domain gratis

Bagi kalian yang ragu-ragu buat beli karena khawatir tidak bisa mengoprasikan hosting dan domain , kalian bisa memanfaatkan penyedia hosting gratis seperti

  • hostinger.co.id
  • id.000webhost.com

Sedangkan untuk domain gratis bisa pakai penyedia domain :

  • freenom.com

Walau extensinya bukan dotcom..

Aku rasa itu dulu tulisan tentang pengertian hosting dan domain semoga ndak bikin sampean bingung hehehe.