Review : Hosting dan Domain Murah dari Hostingan ID

Baik, kali ini saya akan coba mereview sedikit Hostingan ID, sebuah provider hosting dari Indonesia yang berdiri sejak tahun 2016 dan masih exists hingga saat ini.

Sebagai seorang programmer dan seorang blogger saya pribadi sudah mencoba beberapa hosting terkenal seperti Niagahoster, Domainesia, idcloudhost dan hosting-hosting lain yang memang kurang terkenal ketimbang tiga provider diatas. semacam hobi gitu kayaknya.

Dan kurang lebih sebulan yang lalu, suatu keajaiban terjadi, saya mendapatkan kesempatan menggunakan Hostingan ID (uji coba, Gratisssss) dan berikut akan saya sampaikan kesan-kesan yang saya dapatkan setelah mencoba layanan dari Hostingan ID.

Fitur dan Layanan dari Hostingan ID

Pertama soal fitur dan layanan, dari kacamata saya Hostingan ID memiliki fitur dan layanan yang kurang lebih sama dengan domainesia ataupun niagahoster yang saat ini sangat terkenal. atau lebih tepatnya kedua provider hosting itu digabungkan.

Karena Hostingan ID memiliki:

  • Unlimited Hosting, Jika provider lain menawarkan hosting mereka dengan limit sekian Mb atau Gb di Hostingan ID bisa memberikan kalian Unlimited Hosting untuk project-project website kalian.
  • Cloud Hosting, Jika Unlimited hosting masih kurang, kalian bisa coba menggunakan Cloud Hosting yang memiliki kecepatan akses hingga 10 kali lebih cepat dari hosting biasa. tapi sayang Cloud Hosting terbatas dengan Storage dan tidak ulimited seperti hosting unlimited.
  • Email Hosting, Kalian punya usaha yang menggunakan email marketing, nah ini cocok untuk kalian pilih, dijamin bebas dari SPAM.
  • Virtual Private Server (VPS) berbasis di Indonesia, ingin memiliki server yang bisa dimanage sendiri? Pakailah VPS.
  • Dedicated Server, hampir sama dengan VPS, bedanya VPS adalah hasil bagi Dedicated Server. Maksudnya 1 Dedicated Server dibagi menjadi beberapa VPS, nah ini cocok buat kalian yang memang butuh resource besar, seperti web media kayak kompas, detik dan lain-lain.
  • Gratis SSL Selamanya, SSL adalah salah satu fitur keamanan internasional agar transaksi online lebih aman, dan disini kalian mendapatkannya gratis.
  • Domain Murah. Kalian juga bisa membeli domain di Hostingan ID, di sini juga tersedia banyak ekstensi domain selain com, net, id, dan co.id.

Paket Unlimited Hosting di Hostingan ID

Di Hostingan ID terdapat layanan hosting murah yang menawarkan 3 Paket Hosting, Unlimited A, Unlimited B dan Unlimited C kesemuanya memilik harga yang MURAHnya TANPA diskon-diskonan.

Meski Murah fiturnya tetap lengkap tanpa ada yang kurang:

  • Aktivasi Instan
  • Fitur Auto Installer
  • Gratis Domain
  • Email Domain
  • Unlimited Bandwidth
  • SSL Gratis
  • Unlimited MySQL Database
  • DNS Control

Bahkan untuk Paket Unlimited B dan C Hostingan ID memberikan Gratis Premium WordPress Themes untuk kalian gunakan.

Performa Hosting di Hostingan ID

Soal performa saya cukup mumpuni karena saya coba tes menggunakan tema premium Restoran Pro (gratis dari Hostingan ID) lengkap dengan data dummynya. kemudian saya test dengan gtmetrix TANPA plugin opimizer apapun. just premium theme dan plugin bawaannya.

Untuk CDN saya emggnuakan CloudFlare.

Dan selama saya pakai belum ada down sama sekali (mungkin karena saya pakai CloudFlare, atau kurang lama pakai jadi gak ketauan downnya)

Layanan Tim Support

Nah ini adalah bagian terpenting menurut saya, di Hostingan ID respond tim support dan CSnya cukup cepat walaupun tidak seterkenal Domainesia atau Niagahoster.

Kecepatan respond CSnya hanya dalam hitungan menit dan gak pake lama. bahasanya juga mudah dipahami. dan yang jawab adalah manusia hehehe.

Sementara untuk tim support sejauh ini hampir tidak pernah tanya sih, paling cuma tanya cara pakai SSH udah dan itu tanyanya jam 10 malem, ya iseng seh buat ngetes aja apakah direspond jam segitu. ternyata direspond hahaha.

Mungkin itu dulu review singkat saya tentang Hostingan ID. nanti kalo ada apa-apa saya update lagi deh.

Leave a Comment