Perbedaan Post dan Page WordPress

Dalam WordPress terdapat berbagai macam fitur yang sangat membantu para penggunanya, seperti halnya post dan juga page. Namun bagi para pengguna platform website ini, mungkin masih banyak yang belum paham secara pasti mengenai perbedaan post dan page WordPress. Dengan hal ini, maka dapat dikatakan masih banyak yang menyalah gunakan kedua fitur tersebut.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kamu terutama yang merupakan pengguna WordPress mengetahui mengenai perbedaan anatara post dan juga page dalam WordPress. Ketika kamu sudah mengetahui perbedaan di antara kedua fitur tersebut, maka kamu dapat lebih menggunakan serta memanfaatkannya secara lebih maksimal.

Pengertian Post dan Page WordPress

perbedaan post dan page WordPress
solusiwebsitebandung.co.id

Sebelum kamu mempelajari mengenai perbedaan antara post dan page pada WordPress, ada baiknya juga jika kamu mengetahui lebih dahulu pengertian dari post serta page. Mungkin beberapa dari kamu sudah ada yang tahu pengertiannya. Namun jika kamu belum mengetahui, maka berikut ini sedikit informasi yang dapat kamu perhatikan.

Post

Post atau yang juga sering disebut dengan postingan ini adalah sebuah fitur dari WordPress yang memiliki fungsi bagi para penggunanya, agar dapat menuliskan suatu tulisan atau artikel dalam waktu berkala, baik itu setiap jam, setiap hari, setiap minggu, ataupun jangka waktu sesuai dengan pengaturan yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu, post ini juga akan tersimpan pada halaman archives. Hal ini tentunya akan membuat postingan yang sudah lama akan tertelan. Jadi, postingan yang baru saja kamu buat akan selalui berada di urutan paling atas dan akan menutup postingan yang sudah lama.

Page

Page atau juga sering disebut dengan halaman tetap atau halaman statis, pada umunya memiliki jumlah yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan post. Halaman yang ada pada page ini, biasanya jarang mengalami perubahan. Maka dari itu, fitur yang satu ini lebih sering dijadiakan sebagai halaman seperti halnya untuk About Us.

Jadi, penggunaan dari page ini akan lebih cocok untuk sebuah halaman yang tidak akan mengalami penambahan jumlah dan juga perubahan seperti halnya pada fitur post. Meskipun begitu, namun penggunaan page pada halaman yang tetap ini akan lebih memudahkan para penggunanya.

Perbedaan Post dan Page WordPress

Jika kamu sudah mengetahui mengenai pengertian dari fitur post dan juga page pada WordPress seperti yang telah dijelaskan di atas, maka kini saatnya bagi kamu untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya. Oleh sebab itu, langsung saja berikut ini perbedaan dari fitur post serta page pada WordPress.

  1. Post biasa digunakan untuk halaman yang akan selalu mengalami perbahan dan penambahan jumlah, sedangkan page lebih sering digunakan untuk halaman yang bersifat tetap.
  2. Post memiliki sifat statis, sedangkan page lebih ke sifat dinamis.
  3. Post dapat kamu kategorikan serta ditambah dengan tag, untuk page tidak bisa dilakukan.
  4. Post tidak dapat kamu jadikan sebagai homepage, sedangkan untuk page dapat kamu jadikan homepage.
  5. Post merupakan salah satu jenis dari RSS feed, sementara untuk page bukan.
  6. Post tidak menyediakan template yang dapat kamu gunakan, sedangkan untuk page mempunyai banyak template yang bisa dicoba.
  7. Post memberlakukan update pada jangka waktu tertentu, sementara untuk page tidak ada update sama sekali.
  8. Post termasuk ke dalam sebuah halaman secara default, sedangkan untuk page dapat kamu letakkan pada halaman yang diinginkan.

Dengan mengetahui beberapa hal mengenai perbedaan post dan page WordPress di atas, maka kamu sudah tidak bingung lagi terhadapa kedua fitur pada WordPress tersebut. Hal ini tentunya juga akan membuat kamu dapat lebih memaksimalkan penggunaan dari fitur post dan juga page pada website WordPress yang kamu gunakan.

Leave a Comment