Cara Menghilangkan Spam di WordPress

Pada dasarnya, WordPress akan memberikan fasilitas bagi para pengunjung situs untuk memberikan komentar pada kolom komentar yang sudah tersedia. Komentar ini, akan menjadi kunci bagi kamu untuk berinteraksi dengan mereka. Namun, tidak sedikit pengunjung melakukan spam yang terbilang menyebalkan. Untuk itu, kamu perlu tahu cara menghapus spam pada platform WordPress.

Para pengunjung yang sering melakukan spam komentar atau sering disebut dengan spammer ini, biasanya menggunakan suatu software yang akan menuliskan komentar secara otomatis. Dampak buruk dari spam komentar ini, yakni penggunaan resource yang berlebihan dan juga peningkatan bandwidth. Maka dari itu, langsung saja berikut cara untuk menghilangkan spam yang dapat dicoba.

Cara Menghilangkan Spam

Cara Menghilangkan Spam

Perlu untuk kamu ketahui, bahwa terdapat dua cara yang dapat kamu coba untuk menghilangkan spam komentar pada WordPress. Tentunya kedua cara tersebut memiliki fungsi dan juga tujuan yang sama, yakni menghilangkan semua komentar spam dan mengantisipasi adanya spam di kemudian waktu. Langsung saja berikut dua cara menghilangkan spam WordPress yang perlu kemu ketahui.

Menggunakan Plugin Akismet

Cara pertama yang dapat kamu coba adalah dengan menginstal plugin Akismet. Akismet merupakan sebuah plugin komentar WordPress yang mampu menghentikan komentar spam, dengan cara mengirimkan seluruh komentar menuju server Akismet. Nantinya, semua komentar tersebut akan diperiksa dengan algoritma yang kompleks. Berikut ini cara untuk menggunakannya..

  1. Langkah pertama, kamu perlu untuk melakukan login pada administrator area di WordPress.
  2. Setelah itu, buka menu “Installed Plugins”, lalu klik pada opsi “Activate” yang posisinya berada di bagian bawah plugin yang bernama “Akismet”.
  3. Nantinya, kamu akan memperoleh sebuah pesan yang memiliki warna hijau dan berisikan tentang pernyataan jika plugin Akismet sudah berhasil untuk diaktifkan. Lalu kamu perlu mengklik pada opsi “Activate your Akismet account”.
  4. Kemudian, klik pada menu “Get your API key”. API key ini diperlukan untuk membuat plugin Akismet dapat berfungsi dengan lebih baik.
  5. Apabila kamu sudah mempunyai API key, maka kamu dapat langsung memasukkan key tersebut pada kolom yang telah disediakan. Lalu klik pada opsi “Use this key” untuk mengaktifkan API key tersebut.
  6. Lalu kamu akan diarahkan menuju ke halaman resmi dari Akismet. Pada halaman resmi tersebut, klik pada opsi “Get An Akismet API key”.
  7. Dalam tahapan ini, kamu perlu membuat akun pada Akismet. Kamu dapat mengisikan informasi yang dibutuhkan, lalu klik pada opsi “Sign Up”.
  8. Jika kamu membutuhkan tingkat proteksi yang lebih tinggi untuk spam komentar, maka kamu dapat memilih opsi “Basic plan” lalu klik pada “Get Started”.
  9. Kamu dapat menggunakan slider yang ada di bagian sebelah kiri dan mengatur harganya hingga menjadi gratis. Lalu masukkan informasi mengenai kontak lalu klik opsi “Continue”.
  10. Nantinya, kamu akan diarahkan menuju akun Akismet yang sudah dibuat. API key ini dapat kamu cari pada bagian atas di halaman. Klik pada ikon yang berbentuk mata, lalu salin atau copy API key tersebut.
  11. Setelah itu, kembali menuju admin area WordPress dan buka halaman pengaturan. Pada halaman tersebut, tempelkan atau paste API key yang tadi sudah disalin dan klik pada “Use this key”.
  12. Jika sudah, maka akan muncul sebuah pesan notifikasi berwarna hijau yang berisikan mengenai penggunaan dari API key telah berhasil dan sudah aktif.

Menggunakan Google ReCaptcha

Cara kedua yang dapat kamu coba untuk menghilangkan spam pada WordPress, adalah dengan menggunakan Google ReCaptcha. Dapat dikatakan bahwa penggunaan dari ReCaptcha ini sangat efektif untuk menanggulangi spam komentar secara otomatis. Akan tetapi, ReCaptcha belum bisa menanggulangi komentar manual secara efektif. Berikut ini cara menggunakannya.

  1. Tahapan yang pertama, kamu perlu melakukan login ke dalam administrator area WordPress.
  2. Jika sudah login, maka buka menu “Plugins”.
  3. Lalu kamu perlu untuk menginstal plugin yang bernama “WordPress ReCaptcha Integration”.
  4. Apabila proses instalasi plugin tersebut sudah berhasil, maka kamu perlu emmbuka halaman Setting untuk plugin.
  5. Untuk setup pada Google ReCaptcha ini, kamu perlu memperoleh Site key serta Secret key dari pihak Google. Caranya yakni dengan mengklik menu “Google reCAPTCHA admin page, maka kamu akan diarahkan menuju ke halaman admin dari Google ReCaptcha.
  6. Pada halaman Google ReCaptcha, kamu perlu melakukan pendaftaran untuk blog WordPress yang kamu gunakan tersebut. Masukkan nama domain dari blog pada kolom Domains dan Label, lalu klik pada opsi “Register”.
  7. Nantinya, Site key dan juga Secret key baru akan segera dibuat untuk blog kamu.
  8. Jika kedua key tersebut sudah muncul, maka kamu dapat segera menyalinnya dan kembali menuju ke halaman pengaturan pada plugin ReCaptcha.
  9. Kemudian paste atau tempelkan kedua key tersebut pada kolom yang sudah disediakan, lalu klik opsi “Save Changes”.
  10. Setelah itu, klik pada opsi “Comment Form” untuk mengaktifkan ReCaptcha pada setiap komentar yang ingin kamu submit.
  11. Perhatikan paa bagian bawah halaman, dan klik pada opsi “Save Changes”.
  12. Selesai. Dengan ini, maka setiap penunjung yang akan memberikan komentar diharuskan untuk menyelesaikan tantangan yang berupa Captcha terlebih dahulu. Semua software spam otomatis akan gagal untuk melewati tantangan yang satu ini.

Jika kamu sudah mengetahui dan memahami cara menghilangkan spam pada platform WordPress di atas, maka kamu sudah tidak bingung lagi untuk menanggulangi banyaknya spam komentar yang masuk. Dengan kedia plugin di atas, kamu hanya akan melihat komentar yang nyata saja. Jadi, kamu dapat berkomunikasi dengan para pengunjung dan blog kamu akan memiliki prospek yang baik.

Wicaksono

Seorang blogger biasa yang senang belajar dan berbagi. paling seneng belajar tentang bisnis dan marketing, sesekali juga jadi seorang programmer bisa dikit-dikit ngoding. Kurang lebih seperti itu. kalau mau kenal lebih jauh, follow IGku saja @wichaksono.w

Leave a Reply