9 Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Bukan hal yang baru lagi jika sesorang akan mudah kehilangan kesabarannya ketika hendak mengunjungi sebuah situs dengan loading yang cukup lama. Jika kamu menjadi pengunjung dari sebuah website, tentunya akan langsung mencari website lain jika loading website tersebut lama. Untuk itu, kamu perlu menggunakan cara mempercepat loading website yang ada pada artikel ini.

Tentunya kehilangan banyak pengunjung merupakan konsekuensi yang harus kamu hadapi jika situsmu memiliki loading yang lama. Kamu dapat kehilangan banyak sekali kesempatan yang dapat memberikan keuntungan bagi website yang sedang dibangun. Jika kamu tidak ingin mengalaminya, maka berikut ini cara untuk mempercepat loading website yang dapat kamu coba.

Cara Mempercepat Loading Website

Cara Mempercepat Loading Website
sintesa.net

Terdapat sembilan tahapan yang perlu untuk kamu lakukan agar loading pada website kamu dapat berjalan menjadi lebih cepat. Namun sebelum kamu mulai mengikuti beberapa tahapan tersebut, kamu perlu membuthkan akses menuju ke admin area pada WordPress. Jika kamu sudah memilikinya, maka dapat langsung lanjut ke tahapan sebagai berikut ini.

1. Melakukan Pengetesan Pada Kecepatan WordPress

Sebelum kamu melakukan optimasi pada kecepatan, alangkah baiknya jika kamu mengetahui secara pasti keadaan dari website yang kamu gunakan. Terdapat banyak sekali tool atau alat yang dapat kamu gunakan untuk mengetes kecepatan pada website, seperti halnya Gtmetrix. Apabila kamu ingin melakukan pengecekan pada performa website, maka kamu dapat mengunjungi situs Pingdom.

2. Melakukan Penghapusan Pada Tema serta Plugin yang Tidak Diperlukan

Sudah menjadi suatu hal yang wajib untuk membuat website kamu menjadi terlihat relevan dan modern. Cara ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan tema yang tepat dan juga menambahkan berbagai macam plugin di dalamnya. Akan tetapi, penambahan plugin ini terkadang hanya akan membuat website menjadi lebih berat dan mengalihkan fungsi dari plugin yang asli.

Jika kamu memperhatikan, maka tidak sedikit plugin yang sudah terpasang namun tidak terpakai secara maksimal. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap performa dari website itu sendiri. Untuk itu, kamu dapat mulai untuk menghapus atau menonaktifkan plugin yang kurang bermanfaat. Selain itu, pemilihan tema juga berpengaruh pada performa. Jadi, pilihlah tema yang sederhana saja.

3. Melakukan Minify CSS, HTML, serta JavaScript

Minify merupakan cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan performa pada website kamu. Teknik yang satu ini akan membuat ukuran dari font-end serta script (CSS,HTML,JS) menjadi lebih kecil. Hal ini dilakukan dengan cara mengahpus karakter yang tidak ada kaitannya, seperti komentar dan juga spasi. Dengan ini, maka akan menghasilakn fungsionalitas yang sama tanpa adanya bulk.

Beberapa plugin seperti W3 Total Cache dan juga Autoptimize, bisa membantu melakukan proses minify ini. Kamu dapat memilih salah satu dari plugin tersebut untuk membuat permforma dari website kamu meningkat dan waktu yang dibutuhkan untuk loading tidak akan lama.

4. Mempercepat Gzip Compression

Selain melakukan teknik minify pada file, kamu dapat memanfaatkan Gzip Compression yang merupakan form terpisah pada compression. Kapan saja ada orang yang mengunjungi website kamu, maka resource file pada server akan diambil. Dengan ini, maka waktu yang dibutuhkan untuk loading resource pada client end akan semakin besar.

Dengan melakukan pengaktifan pada Gzip Compression ini, maka ukuran dari resource tersebut dapat kamu perkecil secara substansial. Tentunya hal ini dapat membuat loading pada WordPress akan menjadi lebih cepat.

5. Melakukan Optimasi Pada Gambar

Gambar merupakan salah satu aspek yang dapat mempercatik website. Namun perlu untuk kamu ketahui, bahwa gambar dengan resolusi yang tinggi dapat memberikan gangguan dalam bandwidth. Untuk itu, alangkah lebih baik jika kamu menggunakan gambar dengan ukuran yang lebih kecil. Untuk mengihidari gambar yang terlihat kabur, maka kamu dapat melakukan optimasi terlebih dahulu.

6. Membagi serta Membuat Konten Panjnag Pada Beberapa Halaman

Pagniation atau membagi sebuah konten yang panjang menjadi beberapa halaman merupakan cara yang dapat kamu coba untuk mempercepat loading pada sebuah website. Nantinya, konten yang panjang tersebut, akan tampil menjadi beberapa konten pendek pada halaman yang berbeda satu persatu secara terpisah.

Pada umumnya, cara ini dilakukan untuk menampung semua komentar. Banyaknya komentar pada satu halaman dapat mengakibatkan badwidth macet. Dengan ini, maka halaman yang akan dimuat tidak akan seberat sebelumnya dan proses loading dapat dilakukan dalam waktu yang elbih singkat.

7. Melakukan Upgrade Pada Versi PHP

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai trik yang satu ini. Akan tetapi, mengupgrade versi PHP yang kamu gunakan pada website terbukti mampu untuk meningkatkan kecepatan loading pada halaman website secara ampuh. Bahkan, pihak WordPress akan mendapat manfaat dari pengoptimasian memori PHP ini.

8. Menggunakan Caching Plugin

Pada beberapa beban di dalam server web, offload merupakan hasil mekanisme yang dilakukan proses caching ini. Secara mendasar, caching engine ini akan menyimpan semua informasi yang digunakan pada sistem client. Hal ini, membuat browser tidak perlu memuat informasi pada server secara berulang kali.

9. Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

Karena kecepatan internet yang cukup tinggi pada saat ini, terkadang kamu juga lupa jika halaman website tersebut dibuat dengan perangkat keras fisik yang terletak jauh dari lokasi kamu. Ketika kamu sudah mengaktifkan CDN, maka browser yang digunakan oleh klien tidak akan menerima setiap server dan halaman web lagi. Langkah ini akan mengurangi jumlah request yang ditangani server.

Jika kamu sudah mengetahui dan juga memahami beberapa cara mempercepat loading website di atas, tentunya kamu sudah tidak khawatir akan kehilangan banyak calon pengunjung yang akan memberikan kamu keuntungan. Kamu hanya perlu melakukan beberapa trik di atas dengan benar, untuk mengantisipasi berbagai macam kesalahan yang dapat berakibat fatal.

Leave a Comment