VPS? Apa Sih VPS Itu?

Pada sebuah perangkat komputer, terdapat banyak sekali hal memiliki peranan penting dalam kinerjanya. Baik itu hal wajib ataupun tambahan, tentunya keberadaannya tidak boleh dianggap remeh. Salah satu hal tambahan yang banyak digunakan untuk saat ini adalah VPS. Mungkin masih banyak dari kamu yang belum tahu apa itu VPS. Untuk itu, kamu dapat memahami artikel ini.

Dalam skala global, banyak orang yang menggunakan VPS ini sebagai software bot, cloud computing, dan juga untuk mengoperasikan trading Forex dengan menggunakan software. Dibandingkan dengan harus melakukan pekerjaan hanya dengan menggunakan komputer biasa, banyak yang memilih menggunakan VPS karena mampu bekerja selama 24 jam dan juga real time.

Apa Itu VPS

Dalam bahasa sederhanya, Virtual Private Server atau yang sering disebut dengan VPS ini merupakan semacam server virtual atau computer virtual yang dapat kamu gunakan seperti komputer pada umumnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya penggunaan sistem operasi, penambahan aplikasi, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan VPS, kamu perlu berlangganan pada pihak penyedia VPS.

VPS ini tersedia dalam berbagai macam ukuran harddisk penyimpanan atau SSD. Untuk bekerja menggunakan VPS, kamu tidak perlu khawatir dengan sepsifikasi komputer yang digunakan. Hanya saja, kamu perlu memastikan koneksi internet yang digunakan. Hal ini juga dapat kamu tangani dengan memilih VPS yang menyediakan spek processor, memory, dan juga SSD yang diperlukan.

Jika dipahami secara sekilas, maka VPS tersebut hampir menyerupai Dedicated Server (Hosting) atau Cloud Server. Namun, tentunya VPS berbeda dengan Cloud Server maupun Dedicated Server. Di dalam VPS ini, kamu dapat menambahkan sistem operasi. Jadi, VPS ini sangat mirip dengan komputer biasa namun hanya bersifat virtual.

Keuntungan yang Diberikan Oleh VPS

Hadirnya VPS ini, tentunya dikarenakan terdapat berbagai macam hal yang tidak bisa dilakukan oleh jenis komputer biasa. Jika kamu menggunakan layanan VPS tersebut, pastinya akan memperoleh keuntungan yang tidak bisa didapatkan dari komputer biasa. Oleh sebab itu, berikut keuntungan dari penggunaan VPS yang perlu untuk kamu ketahui.

Tingkat Keamanan Lebih Terjamin

Setiap pengguna dari layanan VPS akan memperoleh sebuah username serta kata sandi atau password yang berbeda antara satu dengan yang lain. Pastinya rahasia dari username dan password dari setiap pengguna tersebut, akan dijamin keamanannya oleh pihak penyedia VPS. Jadi kamu tidak perlu khawatir orang lain akan masuk ke dalam VPS kamu.

Dapat Memilih Performa Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal paling menguntungkan dari penggunaan VPS ini, yakni kamu dapat memilih performa dari VPS yang digunakan tanpa perlu membeli perangkat komputer yang baru. Kamu dapat menemui layanan VPS dengan berbagai macam tingkatan performa di pasaran, dan memilih salah satu VPS yang memiliki performa mulai dari processor, memory, dan SSD sesuai dengan kebutuhan.

Mampu Aktif Selama 24 Jam

VPS ini akan tetap aktif online selama 24 jam selama satu hari, meskipun perangkat komputer yang digunakan sudah dimatikan. Tentunya hal ini akan membuat kamu akan selalu memiliki akses selama koneksi internet masih berjalan. Dengan ini, maka VPS ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Merawatnya yang Mudah

Jika kamu menggunakans sebuah perangkat komputer biasa dan komputer tersebut rusak, tentunya kamu harus memperbaikinya sendiri atau membawa ke tempat servis. Namun beda halnya dengan VPS ini. Apabila kamu mengalami permasalahan ketika menggunakan VPS, maka pihak penyedia layanan VPS tersebut yang akan menanganinya.

Dengan mengetahui dan memahami sedikit informasi mengenai apa itu VPS serta keuntungannya yang telah dijelaskan di atas, tentunya kamu sudah dapat memutuskan untuk menggunakan VPS. Jika kamu membutuhkan sebuah komputer tangguh tanpa perlu membeli perangkat yang baru, maka menggunakan VPS merupakan pilihan yang terbaik.

Wicaksono

Seorang blogger biasa yang senang belajar dan berbagi. paling seneng belajar tentang bisnis dan marketing, sesekali juga jadi seorang programmer bisa dikit-dikit ngoding. Kurang lebih seperti itu. kalau mau kenal lebih jauh, follow IGku saja @wichaksono.w

Leave a Reply